Pentingnya Sains dalam Islam - Pada hari ini Jumat Tanggal 09 Februari 2018, Pondok Pesantren Prof DR Hamka bekerja sama dengan UKM Malaysia melaksanakan kegiatan seminar tentang Pentingnya Sains dalam Islam. Peserta sminar adalah seluruh keluarga besar Pondok Pesantren Prof DR Hamka yang dibagi kedalam tiga kelas.

Sedangkan dari pihak UKM Malaysia yang hadir tiga (2) orang Profesor dan satu (1) Orang Dokter. yaitu Bapak Prof. DR. Latif Samian, Prof. DR. Kasim dan DR Azri. disamping itu acara ini juga dihadiri oleh Buk Helmi, M.Pd selaku pengawas Madrasah dari Kab. Agam.

http://www.ponpeshamka.com/2018/02/pentingnya-sains-dalam-islam_9.html
Pimpinan Pondok Pesantren Prof DR Hamka  Bapak Zainul Arifin, MM mengatakan sangat berterima kasih dan berharap kerjasama di bidang Pendidikan antara Pondok Pesantren Prof DR Hamka dengan UKM Malaysia tetap berlanjut, seperti kegiatan seminar, diskusi dan bantuan beasiswa. seperti tahun kemaren ada dua orang santri Pondok Pesantren Prof DR Hamka yang diterima di UKM Malaysia dengan beasiswa penuh yaitu Uztadzah Ramadanti dan Syarifah dimana sekarang mereka sudah mengabdi di Pondok Pesantren Prof DR Hamka

Dari uraian yang disampaikan oleh ketiga Pemateri dapat kita menangkap bahwa ummat islam jangan sampai tertinggal dengan masalah sains dan teknologi, selama pendidikan di dunia islam khususnya Pondok Pesantren baik yang berada di  Indonesia maupun Malaysia selama ini kebanyakan pembahasan kurikulum pendidikannya berbicara sekitar masalah furu'iyah dalam fiqih, hadits, tafsir dan lain sebagainya. sedangkan isi dari ilmu slam itu sendiri yang membahas tentang sains dan teknologi dikembangkan dan didalami oleh orang-orang yang berlatar belakng bukan islam ataupun orang islam yang tidak mendalam pemahamannnya tentang islam, sehingga yang timbul adalah pemikiran orientalis dan sebahagian umat islam yang mempelajari sains mendewakan pemikiran sainsnya. 

www.ponpeshamka.com
Islam sangat kaya dengan tokoh intelektual di bidang sains seperti Ibnu Sina, Ibnu Kaldun, bahkan indonesia sendiri memiliki ulama yang tinggi tentang pengetahuan sainsnya khususnya ilmu Falaq seperti Syekh Ahmad Khatib Al-Minangkabawi, syekh Jamil Jambek dan ulama lainnya.

Prof DR Latif Samian berharap dari Pondok Pesantren Prof DR Hamka ini lahir tokoh-tokoh yang nantinya tidak hanya ahli dibidang agama tapi juga mampuni di bidang sains, sebab kata beliau dalam Al-Qur'an banyak sekali ayat-ayat yang berbicara Masalah Sains dan teknologi

Posting Komentar Blogger